Tips Perawatan Laptop

Saat ini laptop merupakan salah satu perangkat kerja yang banyak digunakan karena kepraktisannya. Agar laptop dapat berfungsi secara maksimal, simak tips perawatan laptop berikut ini.

Dari segi software, usahakan untuk menggunakan software dari sumber yang terpercaya. Jangan mendownload software yang tidak jelas asal usulnya, karena bisa jadi software tersebut ditunggangi virus. Jangan mendownload software yang sepertinya jarang dipakai, karena akan memenuhi memori dan membuat harddisk bekerja lebih lambat.

komputerDari segi hardware, tips perawatan laptop yang harus diperhatikan adalah menjaga laptop bersih dari debu. Setiap selesai pemakaian, bersihkan laptop dengan kain halus. Jika memungkinkan, beri pelindung pada layar LCD dan keypad. Secara berkala bersihkan layar LCD dengan cairan pembersih khusus layar LCD. Jauhkan laptop dari alat-alat elektromagnetik atau sumber getaran, seperti loudspeaker, mesin, dan handphone, karena dapat merusak harddisk.

Hindarkan laptop dari paparan sinar matahari secara langsung, karena paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa merusak komponen laptop. Jangan pernah meletakkan benda berat di atas laptop yang tertutup, karena beban yang terlalu berat dapat merusak layar LCD. Jangan meletakkan benda apa pun di antara keypad dan layar LCD dalam keadaan laptop tertutup, karena dapat menggores layar LCD. Jangan meletakkan benda yang mengandung cairan di dekat laptop, karena beresiko cairan tumpah dan merusak laptop.

Tips perawatan laptop yang tidak kalah penting adalah penggunaan batere secara tepat. Jangan membiarkan charger terpasang saat batere sudah terisi penuh, karena bisa mengurangi kapasitas batere. Pastikan juga sirkulasi udara pada laptop lancar agar tidak terjadi overheating yang bisa merusak prosesor. Jangan letakkan laptop di permukaan yang terlalu empuk agar sirkulasi udara berlangsung baik.

Dalam menyimpan laptop, simpanlah laptop pada tas khusus laptop yang berpelindung busa, serta beri silika gel untuk mengurangi kelembaban yang bisa merusak laptop. Dan yang tidak kalah penting, jika laptop bermasalah, jangan mencoba-coba untuk memperbaiki sendiri, sebaiknya serahkan pada tukang service yang profesional dan berpengalaman.

About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code