Tips Merawat AC Ruangan

AC sangat bermanfaat untuk menyejukkan ruangan, menyerap panas dan menyaring udara kotor dalam ruangan. Perawatan dan pemakaian AC yang salah dapat merusak lingkungan sekitar dan bahkan dapat merugikan kesehatan diri Anda. Agar manfaat AC dapat dirasakan secara maksimal, berikut tips-tips perawatan dan pemakaian AC yang baik:

Bersihkan filter AC secara rutin  2 minggu sekali atau jika AC terasa tidak dingin. Lepaskan filter dari AC lalu bersihkan dengan air, keringkan, lau pasang kembali. Pastikan AC dalam keadaan mati ketika Anda membersihkan filter. Anda dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan teknisi.

Panggil teknisi 4 bulan sekali untuk membersihkan dan mengecek kondisi AC secara keseluruhan.

Atur suhu AC sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu menyetel suhu sampai 16 derajat untuk membuat ruangan dingin. Cukup tunggu 15 menit sebelum ruangan digunakan, Anda sudah dapat merasakan sejuk. Suhu yang terlalu rendah hanya akan memboros energi dan membuat Anda kedinginan dan tidak nyaman.

Pastikan ruangan tertutup rapat saat menyalakan AC. Tutup celah udara keluar dan jagan biarkan pintu dan jendela terbuka terlalu lama karena dapat memperberat kerja AC dan menghabiskan lebih banyak energi.

Matikan AC jika tidak dibutuhkan lagi.

Matikan aliran listrik yang menuju ke AC jika akan ditinggalkan dalam jangka waktu lama (misal berhari-hari), untuk menghindari konsleting.

Pasang timer pada saat akan tidur. Menggunakan timer dapat hemat energi, menjaga mesin AC tetap awet, serta menghindari Anda kedinginan pada subuh hari.

Jangan pasang AC di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung. Gunakan korden atau penghalang lainnya jika memang dibutuhkan.

Tidak merokok di dalam ruangan ber-AC. Pertama, dapat mengganggu kesehatan. Kedua, nikotin dapat menempel di evaporator sehingga dapat membuat AC menjadi bau rokok.


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code