Tips Menjawab Wawancara Kerja

1. Ceritakan tentang diri anda.Jika anda diminta menceritakan tentang diri anda janganlah terlalu merendah dan banyak basa-basi, karena itu menunjukkan bahwa anda sebenarnya tidak yakin dengan diri anda. Jawablah dengan singkat tapi menunjukkan optimisme yang alamiah. Rasa percaya diri dan menunjukkan bahwa anda menjadi diri sendiri adalah yang terpenting.

2. Hati-hati pertanyaan jebakan. Taktislah dalam memberi jawaban. Jangan pernah memberi jawaban yang menjelekkan tempat kerja anda yang lama atau apapun yang konotasinya negatif. Lebih baik kalau anda menjawab “saya menginginkan ritme kerja yang teratur dan terjadwal”. Mengenai gaji, sebenarnya di tempat kerja yang lama tak ada masalah, tapi tentu saya senang kalau ada peluang untuk peningkatan gaji. Perusahaan juga ingin diyakinkan bahwa calon karyawannya hanya akan fokus pada pekerjaan mereka, terutama pada awal masa kerja. Jadi hati-hati dengan pertanyaan soal pernikahan.

3. Semangat dan bahasa tubuh. Jangan pernah melipat tangan di dada pada saat wawancara, karena memberi kesan bahwa anda seorang yang kaku dan devensif. Idealnya tangan dibiarkan bebas untuk mengekspresikan kata-kata anda, tentu saja dengan tidak berlebihan. Kontak mata yang intens menunjukkan keinginan untuk dipercaya dan kesungguhan memberikan jawaban. Rilekslah dan sesekali tersenyum untuk menunjukkan bahwa anda pribadi yang hangat dan menyenangkan. Gunakan kata-kata “saya pikir..”, “menurut pendapat saya..”, “saya yakin..”karena itu akan berkesan kalau anda percaya diri dan menguasai persoalan.

4. Cara berpakaian yang baik dalam wawancara. Setiap perusahaan memiliki kebiasaan-kebiasaan yang berbeda, ada yang berpakaian secara formal, semi formal, dan bebas. Jadi cari informasi terlebih dahulu tentang perusahaan yang akan mewawancarai anda. Jangan gunakan pakaian dengan warna yang terlalu menyolok, tidak ketat, simple dan tidak terlalu banyak pernak-pernik. Tidak berlebihan dalam menggunakan wangi-wangian dan perhiasan.

Jika anda ditanya berapa gaji, jawablah dengan baik tanpa menimbulkan kesan bahwa anda pencari gaji tinggi atau mamberi kesan berapapun imbalan yang diberikan anda mau.


Trackbacks

  1. […] satu faktor yang memegang peranan sangat penting dalam mencari pekerjaan adalah latar belakang pendidikan. Salah satu tips mencari pekerjaan yang cocok untuk Anda adalah […]

Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code