Tips Mengatasi Mimisan

Perdarahan dari hidung atau yang sering disebut mimisan dapat terjadi pada siapapun, mulai dari anak-anak, sampai orang dewasa. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, mulai dari yang ringan, sampai yang mengacu pada indikasi penyakit berat. Biasanya mimisan dapat berhenti dengan sendirinya tanpa harus diobati. Tetapi apabila darah yang keluar cukup banyak, kadang panik juga. Lalu apa yang harus dilakukan?

Hal-hal ini dapat Anda lakukan ketika harus menolong orang lain, maupun ketika terjadi pada diri Anda sendiri:

  • Tekan pangkal hidung selama sekitar 5 menit. Biasanya setelah itu darah mimisan sudah membeku. Bernafaslah dengan mulut untuk sementara selama Anda melakukan ini.
  • Jika ada tanaman sirih, Anda juga dapat menggunakannya untuk menghentikan pendarahan pada hidung. Caranya, ambil daun sirih selembar, cuci bersih lalu keringkan. Lipat daun sirih dan gulung-gulung sampai seukuran lubang hidung, agak tekan-tekan sedikit daunnya supaya cairan minyak dari dalam daun keluar. Masukkan ke dalam lubang hidung yang mimisan, biarkan sampai kurang lebih 15 sampai 30 menit. Daun sirih dapat membantu menghentikan pendarahan.
  • Hindari asap rokok karena asap rokok dapat membuat lapisan di dalam hidung kering dan menyebabkan pembuluh darah halus di hidung rentan pecah.
  • Hindari penggunaan aspirin karena aspirin bersifat mengencerkan darah. Penggunaan aspirin dikhawatirkan akan memperlambat proses pembekuan darah.
  • Jika darah tidak juga berhenti dalam waktu yang lama, segeralah ke rumah sakit, mungkin Anda membutuhkan perawatan lebih lanjut.

***


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code