Tips Mengatasi Asma pada Balita

Asma pada balita seringkali didiagnosa ketika anak berusia 5 tahun atau bisa juga kurang. Tapi, kasus yang terjadi tidak selalu seperti itu karena beberapa anak memiliki gejala yang ringan saja ketika mencapai usia remaja namun kondisinya bertambah buruk saat mereka beranjak dewasa. Lalu bagaimana tips mengatasi asma pada balita agar ketika besar nanti penderitaan mereka karena asma tidak terlalu berat.

Tips Mengatasi Asma pada BalitaMeskipun asma tidak bisa diobati tapi ada cara untuk mencegah asma kambuh dalam kondisi yang lebih berat. Berikut ini beberapa cara untuk menjauhkan anak-anak dari kemungkinan kambuhnya asma dalam level berat.

1. Jauhkan selalu anak-anak dari daerah yang penuh debu. Jaga kebersihan rumah agar selalu terbebas dari debu yang menumpuk.

2. Jika Anda wanita dan sedang hamil maka usahakan tidak merokok karena kebiasaan merokok akan meningkatkan risiko anak terkena kondisi asma. Juga jauhkan anak-anak dari keadaan atau ruangan yang berasap rokok.

3. Tips mengatasi asma pada balita lainnya adalah merawat infeksi pada paru-paru dengan baik jika balita mengalaminya dan lakukan pengecekan medis secara berkala. Infeksi paru-paru itu termasuk bronchitis dan pneumonia.

4. Periksa kondisi inhaler yang digunakan oleh anak Anda. Jika tidak efektif maka segera temui dokter untuk memperbaiki kondisi tersebut.

5. Penjernih udara dapat digunakan untuk menyegarkan dan membersihkan udara di rumah Anda. Ini artinya balita bisa bernapas lebih bersih dan mendapat udara yang baik untuk paru-paru mereka.

6. Jauhkan anak-anak dari kondisi yang memperburuk asma mereka seperti ekspresi dan emosi yang berlebihan, alergi pada debu, serbuk bunga dan makanan tertentu, kegiatan fisik yang berat seperti berlari, bersepeda atau olahraga berat lainnya. Meskipun yang tersebut tadi bisa memicu kambuhnya asma tetapi tetap memberikan manfaat untuk kesehatan paru-paru dan membuat anak lebih kuat dan sehat. Yang pasti jangan memberikan atau melakukan sesuatu secara berlebihan.

7. Jangan lupa untuk memberikan obat yang diinstruksikan oleh dokter sebelumnya. Jangan sembarangan memberikan obat pada balita yang memiliki asma.

Itulah tadi beberapa tips mengatasi asma pada balita yang bisa sedikit memberikan pencerahan pada orangtua di rumah. Semangat!

About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code