Tips Mendidik Anak Usia Dini

Mendidik merupakan kewajiban orang tua terutama seorang ibu. Karena ibu adalah sekolah pertama yang ditemui oleh seorang anak. Ketika mereka lahir ke dunia, yang pertama mengajarkan untuk survive dengan menghisap Air Susu Ibu adalah seorang ibu. Sebuah perjuangan yang tidak mudah untuk membuat bayi mungil piawai dalam memenuhi kebutuhan pokoknya di hari-hari pertama kehidupannya. Ketika anak sudah memasuki usia dini, maka pendidikannya pun menyesuaikan dengan perkembangan tersebut. Usia dini berarti anak sudah mulai mengalami masa peralihan, memasuki pendidikan formal yaitu sekolah. Bagaimana tips mendidik anak usia dini? Tips mendidik anak usia dini dapat dimulai dengan mengenalkan secara utuh siapa mereka. Dari nama, tanggal lahir, siapa orang tuanya, dimana tempat tinggalnya dan bagaimana keluarga besarnya. Pekerjaan orang tua dan kegiatan keluarga pun dapat dikenalkan kepada anak usia dini dengan cara yang fun dan menggunakan bahasa anak-anak yang mudah dimengerti.

anak dan bukuKetika konsep tersebut telah matang maka ketika mereka bergaul ke lingkungan di luar rumah, mereka telah tahu siapa dirinya. Sehingga memiliki jati diri dan merasa mantap melangkah ke luar rumah yang bagi mereka hal itu adalah petualangan baru dan penuh eksplorasi.

Memberi pelajaran sopan santun serta bagaimana bersikap pada lingkungan adalah salah satu tips mendidik anak usia dini berikutnya. Lingkungan yang ada kerap terkesan kasar dan berat bagi usia mereka. Kalimat yang sedikit ekstrem akan tererakam dalam memori mereka dan akan susah dihilangkan pabila tidak segera diluruskan oleh pengasuh atau orang tuanya. Mendampingi mereka ketika di luar rumah dan menjadi penerjemah tentang kondisi sekitar akan membuat mereka merasa aman dan terfilter dari kalimat dan tingkah laku lingkungan yang kurang baik.

Pendidikan akademis yang berkesan berat seperti mengenalkan calistung terlalu dini sebaiknya dihindarkan. Kecuali mengenalkannya secara fun dan menyisipkannya dalam permainan. Sehingga tanpa sadar mereka telah bermain sambil belajar. Tentu saja yang terpenting adalah memberi pendidikan agama bagi mereka karena pendidikan agama akan memberi keselamatan dalam hidupnya.

About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code