Tips Mendidik Anak Secara Islami

Memiliki seorang anak merupakan hal yang mengasyikkan dalam hidup seorang suami dan istri. Ada suka dan duka ketika mendidik dan membesarkan seorang anak. Kadang ada candaan namun kadang ada juga tangisan yang ikut menyemarakkan heningnya di setiap sudut ruang rumah. Mendidik anak memang penting namun bagaimana cara mendidik anak secara islami?

Setiap seorang muslim pasti menginginkan anaknya untuk menjadi seorang yang sholeh dan sholehah. Semua itu bisa diperoleh dengan cara mendidik anak yang benar. Pendidikan yang salah terhadap anak akan menjadikan anak jauh dari agamanya dan tentunya akan berkubang dalam jurang dosa yang sangat besar.

bayi2Sebagai orang tua tentunya kita tidak ingin hal tersebut terjadi. Pendidikan agama kepada anak sangatlah penting selain membawa kedua orang tua untuk bisa masuk ke dalam syurganya Allah SWT, juga bisa menghindarkan anak dari berbagai bahaya yang ada di dunia ini.

Salah satu bahaya yang sedang marak dan ngetrend di kalangan anak mudah saat ini adalah narkoba dan seks bebas. Dengan adanya penanaman nilai agama yang baik kepada seorang anak sejak dini maka kedua hal tersebut akan mampu dihindari karena dalam agama kedua perbuatan tersebut adalah dilarang. Dengan demikian akan menjauhkan anak dari berbagai bahaya yang tidak diinginkan.

Mendidik anak secara islami sebenarnya tidaklah sulit. Tentunya dalam mendidik maka sebagai orang tua kita harus bisa memberikan contoh yang baik kepada anak yang sangat sarat akan nilai agama. Mendidik anak dengan memberikan contoh adalah langkah yang terbaik dalam membentuk karakter anak. Sebagai orang tua juga harus selalu konsisten dengan apa yang telah diucapkan dan ajarkan kepada anaknya. Jangan sampai hari ini kita bilang putih namun besok berubah menjadi hitam. Jika demikian maka anak akan kebingungan untuk mengambil sikap. Jadi usahakan untuk selalu konsisten terhadap apa yang diajarkan kepada anak.

Beberapa hal yang tidak kalah penting ketika mendidik anak adalah selalu menamkan nilai tauhid kepada anak. Apa yang ada di dunia ini adalah merupakan ciptaan dari Allah SWT dan bukan yang lain. Jadi sudah sewajarnya kita mengajarkan hal tersebut kepada anak. Tidak lupa juga mengajarkan beberapa hal kecil lainnya seperti patuh kepada orang tua dan menjawab setiap salam yang diberikan.

Sebenarnya masih banyak lagi cara mendidik anak secara islami jika diperinci. Namun sebagai langkah awal ada baiknya untuk menanamkan nilai tauhid dan patuh terhadap orang tua terlebih dahulu.

About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code