Tips Memilih Nama Domain dan Perusahaan Domain Registrar

Buat anda yang hendak membeli domain, berikut beberapa tips dalam memilih nama domain: Pilih nama domain yang singkat dan mudah diingat, akan lebih baik bila terdiri dari satu kata saja. Kedua Pilih Top Level domain (TLD) dot com,  bila nama domain dengan TLD dot com tidak tersedia bisa gunakan TLD dot net, dot info, dot biz. Ketiga, usahakan nama domain mengandung keyword yang diinginkan, hal ini akan memudahkan blog/web kita muncul dalam search engine.

Bila nama domain anda sudah siap, anda bisa daftar dan cek ketersedian nama domain yang anda pilih melalui web perusahaaan registar domain. PIlihlah perusahaan yang sudah terakreditasi oleh ICANN, ICANN adalah singkatan dari The Internet Corporation For Assigned Names and Numbers. Ini adalah organisasi dunia yang menangani registrasi beberapa TLD populer seperti dot com, dot net, dan TLD lainnya.

Di Indonesia sendiri hanya ada dua perusahaan domain registar yang terakreditasi oleh ICANN, yaitu CV Jogja Camp (www.resellercamp.com) dan PT ARDH Global Indonesia (www.resellerid.com). Perusahaan domain registar yang lainnya ternyata hanya reseller dari perusahaan domain registar asing. Selengkapnya daftar perusahaan domain registar terakreditasi ICANN dapat dilihat di alamat ini www.icann.org/en/registrars/accredited-list.html


Comments

  1. Tanya ya..
    Kalau belum terakreditasi oleh ICANN kira-kira bagaimana?
    Apakah akan terjadi double domain?
    Maaf masih buta tentang ini. 🙂

  2. Tidak akan terjadi double domain. Ini cuma masalah kepercayaan, dan karena perusahaan sudah terakreditasi ICANN biasanya kita bisa mendapatkan harga domain yang lebih murah, serta mendapatkan akses penuh terhadap domain yang kita register.

  3. Jadi kalo kita register domain dari reseller, apakah tidak mendapatkan akses penuh terhadap domain tsb?

  4. @angga: Akses penuh yang saya maksud disini adalah, kita bisa merubah data pada domain yang kita daftar. Karena ada beberapa perusahaan register domain yang tidak memperbolehkan hal itu. Pada beberapa perusahaan yang nakal, domain kita akan didaftarkan atas nama mereka dan bukan atas nama kita. Sehingga bila domain kita valuenya tinggi…. bisa saja mereka mengambilnya….

Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code