Tips Memilih Botol dan Dot Ideal untuk Si Kecil

Dear moms and mom to be… situasi yang mendesak kadang membuat kita jadi tidak mampu menyusui, entah karena bekerja, ASI yang tidak mencukupi dan harus ditambah dengan susu formula, atau sebab sebab lain sehingga mengharuskan kita memberikan ASI atau susu formula menggunakan botol dan dot bayi. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar botol dan dot yang digunakan layak pakai.

Cara terbaik untuk memilih botol dan dot yang tepat adalah sebagai berikut.

  1. Pilih dot dengan bentuk dan kekenyalan menyerupai puting payudara ibu.
  2. Pilih dot dengan karet yang lembut dan memiliki daya tahan lama.
  3. Pilih ukuran dot sesuai dengan kebutuhan si kecil (S,M,L). Apa sih bedanya? Ukuran S (bayi 0-3 bulan), M (bayi 3-7 bulan), L (7 bulan keatas) sesuai dengan kemampuan bayi untuk menghisap susu dalam botol. Salah memilih ukuran bayi bisa tersedak atau malah malas untuk menyedot karena salah satu manfaat menyedot ini adalah untuk merangsang pertumbuhan otot di sekitar rahang.
  4. Siapkan beberapa botol dan dot agar bila sudah waktunya dot diganti karena aus, si kecil tak perlu rewel dan merengek minta dotnya yang lama.
  5. Pilih botol yang aman untuk kebutuhan bayi Anda. Ada botol yang terbuat dari kaca dan plastik, umumnya dipilih plastik karena aman bila terjatuh dan tidak mudah pecah.
  6. Gunakan botol sesuai kebutuhan. Ada beberapa jenis botol bayi, sehingga tidak perlu menggunakan 1 botol untuk berbagai keperluan. Pisahkan penggunaan botol untuk susu dan botol untuk sari buah.
  7. Pilih botol sesuai dengan perkembangan si kecil. Memberikan botol sesuai dengan usia dan kebutuhan bayi sangat penting, baik dari segi ukuran botol, ukuran dot dan fungsi botol. Jika sudah waktunya anak dilatihkan untuk meminum susu dari botol dengan gelas berdot maka lakukanlah segera, karena tindakan ini akan mencegah bayi Anda kecanduan ngedot.

Nah, moms jadi sudah siap ya untuk cek kembali botol dan dot si kecil… segera ganti dengan yang baru atau ganti dengan botol dan dot dengan ukuran yang baru bila memang sudah waktunya beralih..
Jeli dengan kebutuhan bayi kita akan membantu kita melewati tahap dan proses perkembangan anak dengan baik dan sewajarnya.
Selamat mencoba!

Disarikan dari berbagai sumber.

Pengunjung Datang Dengan Kata Kunci :

ukuran dot bayi sesuai umur,ukuran dot bayi,kapan harus mengganti dot bayi,ukuran dot,ukuran dot bayi sesuai usia,ukuran botol susu bayi sesuai usia,ukuran dot sesuai umur bayi,ukuran dot bayi 1 tahun,ukuran dot berdasarkan umur bayi,ukuran dot umur 1thn


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code