Tips Membeli Buku Online

Buku masih menjadi salah satu sumber pengetahuan. Buku juga menjadi senjata ampuh untuk mengisi waktu luang, pegangan di saat harus menunggu teman datang, dan sebagainya. Namun di era serba cepat saat ini, membeli buku melalui internet bisa menjadi salah satu pilihan agar lebih cepat mendapatkan buku yang diinginkan tanpa harus keluar rumah atau berhenti dari aktifitas padat.

Berikut ini tips membeli buku melalui internet yang aman dan cepat:

 

1. Ketahui kualitas isi buku.
Ketahui apakah buku yang ingin dibeli tersebut isinya berkualitas. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mencari referensi atau sinopsis dari internet, dari komunitas buku dan dari teman atau saudara. Jika menggunakan fasilitas pencarian yang disediakan oleh internet, masukkan judul, pengarang, kategori atau penerbit dari buku tersebut.

2. Pemilihan toko buku online.
Setelah pemilihan judul buku, cari juga penyedia toko buku online yang dapat dipercaya. Hal ini biasanya mudah didapatkan dari halaman guestroom atau testimoni pada website tersebut. Jangan sampai membeli dari toko yang tidak dapat dipercaya. Salah-salah data pribadi yang sudah dimasukkan menjadi bekal untuk kejahatan oknum tertentu.

3. Perbandingan harga.
Perhatikan harga buku yang dijual. Jika membeli buku baru, bandingkan dengan harga yang tercantum pada pihak penerbit. Untuk buku bekas, harus diketahui terlebih dahulu keadaan buku tersebut, seberapa banyak coretan, keutuhan halaman, dan sebagainya.

4. Memilih cara pembayaran.
Cara pembayaran yang paling aman adalah COD alias Cash on Delivery, yaitu membayar saat barang diantar ke alamat. Namun jika alamat kantor toko buku online tersebut jauh, satu-satunya cara yang tersisa adalah melakukan transfer pembayaran terlebih dahulu ke rekening toko buku online. Pembayaran mode terakhir ini biasanya harus ditambah dengan ongkos kirim.

5. Simpan konfirmasi dan data kontak.
Simpan semua konfirmasi dan data kontak dari toko buku online tersebut, baik berupa email ataupun print screen untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Berhati-hati sebelum membeli, tak ada salahnya, kan? šŸ™‚


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code