Tips Memandikan Bayi

Memiliki seorang bayi adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Makhluk mungil berkulit lembut, bersuara tanpa dosa dan senyum yang menawan. Bagi yang baru memiliki bayi, tentunya masih kebingungan memandikan bayi tersebut. Takut menyakiti, takut tidak bersih dan sejuta takut lainnya yang sumbernya dari rasa sayang yang berlebihan pada bayi. Sebenarnya memandikan bayi sangat menyenangkan. Simaklah tips memandikan bayi berikut ini.

Tips memandikan bayi yang pertama adalah menyiapkan keperluan bayi terlebih dahulu. Siapkan baju ganti, minyak telon, bedak bayi, kapas, washlap, sabun, shampoo, handuk dan air hangat di ember bayi dengan suhu sekitar 36 hingga 37 derajat Celsius.

Ketika Anda memandikan bayi, yang perlu diperhatikan ketika memegang tubuhnya adalah melingkarkan jari telunjuk dan jempol pada lengan bayi yang berjauhan dengan Anda.Hal ini untuk ìmengunciî tubuh bayi agar tidak lepas dari tangan Anda. Karena kadang bayi melakukan gerakan yang tiba-tiba seperti menghentakkan kakinya ke dasar ember.

Jangan melakukan aktivitas yang lain selain memandikan bayi. Perlu fokus untuk memandikan bayi karena bayi belum bisa melindungi diri sendiri misalnya jika Anda terlupa meninggalkan bayi untuk mematikan kompor, bayi belum mampu untuk survive dalam ember berisi air.

Tips memandikan bayi selanjutnya adalah membasuh bayi dengan air ke seluruh badannya. Perlahan namun merata. Kemudian usapkan sabun ke washlap dan usapkan secara merata. Usap dengan perlahan terutama pada bagian lipatan tubuh, kemudian basuhlah dengan air sampai bersih dan membalik badan bayi dengan hati-hati.
Letakkan bayi yang telah selesai mandi diatas handuk yang tebal dan kering namun lembut. Oleskan minyak telon pada perut dan punggung bayi dan taburkan bedak bayi untuk menambah kehangatan.

Ketika memandikan bayi, ajaklah bayi berkomunikasi. Biarkan dia mengenal Anda sebagai ibunya, wajah dan suara Anda akan melekat dalam memorinya. Kedekatan emosional pun makin terjalin. Yang perlu Anda ingat adalah bayi tidaklah seringkih kelihatannya. Walau masih terlihat mungil tapi bayi cukup tangguh, jadi jangan takut untuk memandikan bayi.

About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code