Tips Atasi Gangguan Tidur

Kalau Anda susah tidur dalam waktu yang lama, barangkali Anda menderita insomnia. Selain faktor depresi, insomnia bisa terjadi lantaran pengaruh minuman keras atau minuman yang banyak mengandung kafein, penggunaan obat tidur atau penenang dalam jangka waktu lama, obat penurun tekanan darah tinggi golongan beta blocker.

Sebenarnya ada beberapa tanaman yang bisa didayakan untuk menyamankan tidur Anda. Salah satunya adalah bunga dan biji pala dengan dosis kurang dari 5 g. Sedangkan bunga pala dapat digunakan sebagai obat tidur dalam bentuh teh. Setiap 100 g bunga kira-kira mengandung air 16 g, lemak 22 g, minyak atsiri 10 g, karbohidrat 48 g, fosfor 0,1 g, zat besi 13 mg. Warna merah dari fulinya adalah licopene yang sama dengan warna merah pada tomat.

Pala termasuk tumbuhan dari famili Myristicaeae. Tumbuhan berbatang sedang dengan tinggi mencapai 18 m itu memiliki daun berbentuk bulat telur atau lonjong yang selalu hijau sepanjang tahun. Buah bulat berkulit kuning jika sudah tua, berdaging putih yang merupakan bahan manisan yang dikenal khas di Bogor.

Anda bisa coba juga tumbuhan lain yaitu biji adas. Di Jawa dibudidayakan di daerah pegunungan seperti di Tengger. Adas termasuktumbuhan perdu tahunan yang tingginya sampai 2 m. Batangnya beruas, berlubang, beralur dengan percabangan monopodial warna hijau keputihan. Buahnya diketahui secara umum sebagai obat perangsang (stimulan), menguatkan lambung, peluruh dahak, dan mengeluarkan angin. Di samping adas dan pala, terdapat putri malu yang bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk insomnia.

Resep

  • Buah pala segar (sebuah kira-kira 20 g) dikupas kulitnya, dicuci lalu diparut. Hasilnya diseduh dengan air panas 1/2 gelas dan campurkan madu sesendok makan, aduk, diminum hangat-hangat kuku. Ramuan tadi untuk sekali minum dan sehari minumlah 1 – 2 kali
  • Biji ada 3/4 sendok dicuci, ditumbuk dampai halus, seduh dengan air 1/2 gelas, campur dengan sesendok makan madu, aduk dan minum hangat-hangat. Ramuan ini untuk sekali minum. Sehari minulah 1 – 2 kali.
About Ade Susanti

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
Google+


Speak Your Mind

*


*