Tipe Autisme Pada Anak

Autisme pada anak acapkali memberikan beban pada orang tua. Banyak ortu yang memang tidak mengharapkan memiliki anak autis. Namun walaupun demikian buah hati adalah anugrah dari Tuhan yang harus kita sayangi. Masih banyak hal positif yang bisa dikejar serta solusi pendidikan walaupun kita memiliki anak autis.

Autisme pada anak didefinisikan sebagai suatu gangguan yang di derita anak dimana perkembangan jiwa dan mentalnya tidak bisa maksimal. Autisme pada anak dapat digolongkan menjadi beberapa jenis yaitu:

Autis Pada Masa Kanak-kanak (Childhood Autism)

Tipe Autisme Pada AnakAutisme yang menyerang anak pada masa perkembangan si anak disebut sebagai autis masa kanak-kanak atu ‘Childhood Autism’. Childhood autism bisa dikenali sejak dini saat anak berusia sekitar tiga tahunan.

Berikut ciri-ciri autis masa kanak-kanak

– Anak mengalami gangguan saat berkomunikasi, hal ini dtiunjukkan dengan kemampuan bicara yang melambat. Bahasa yang digunakan oleh anak tidak bervariasi dan umumnya diulang-ulang. Selain itu anak tidak bisa diajak komunikasi dua arah.

– Anak tidak menunjukkan kemampuan untuk berinteraksi sosial. Anak yang menderita autisme masa kanak-kanak sulit sekali memperlihatkan emosinya dan ekspresi hatinya. Kesulitan ini akhirnya berdampak pada kemampuan untuk berinteraksi dengan teman sebayanya.

– Perilaku Childhood autism berbeda dengan anak normal. Umumnya mereka memiliki keterbatasan untuk tertarik dengan sesuatu. Sebagai contoh saat anak

diberikan mainan mobil-mobilan maka mereka akan memainkan dengan cara yang sama. Atau jika ada sesuatu yang tidak berkenan dengan hati maka mereka biasanya akan berteriak.

Sindrom Rett

Bisa dilihat saat usia anak enam bulan, adapun ciri yang ditunjukkan adalah,

  • ukuran kepala tidak seperti bayi normal umumnya
  • sering melakukan gerakan yang tidak terkontrol
  • anak sering menyendiri
  • sering mengalami gangguan pernafasan dan otot kaku
  • bisa jadi sering mengalami kejang

Sindrom Asperger

Autisme anak yang satu ini dicirikan dengan kemampuan bicara yang baik akan tetapi sayangnya amereka tidak mampu berkomunikasi dua arah dengan baik. Anak hanya bisa mengutarakan pendapatnya tapi tidak bisa memahami pembicaraan orang lain.

Gangguan pervasif YTT 

Jenis autis anak yang satu ini lebih ringan dimana anak masih bisa berkomunikasi dengan yang lain, menunjukkan ekspresi, dan melakukan tatap muka.

Disitergrasi masa kanak-kanak

Pada perkembangan hingga usia tiga tahun anak memiliki kemajuan seperti batita normal lainnya akan tetapi kemudian buah hati mengalami kemunduran dimana kemampuan untuk berkomunikasinya akan hilang dan mereka menjadi tidak peduli dengan lingkungannya.

Pengunjung Datang Dengan Kata Kunci :

macam2 autis,tipe autis
About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code