Terarium – Apa Itu?

TerrariumTak sedikit orang yang ingin memulai hobi berkebun. Namun beberapa kendala seperti tidak dimilikinya area taman, kurangnya kesabaran dalam merawat tanaman, atau bahkan bagi kalangan yang sibuk keinginan untuk memeilhara tanaman yang tidak memerlukan banyak perawatan menjadi kendala yang sering dihadapi sehingga mereka pun mengurungkan niat untuk melakukan gardening.

Tapi, ada loh satu cara untuk membuat taman dengan ruang yang terbatas, tidak memerlukan perawatan yang banyak, dan enaknya lagi taman ini bisa dibawa kemana mana. Kok bisa? ada dong namanya ‘Terarium’.

Apa itu Terarium?

Terarium secara ilmiah didefinisikan sebagai miniatur ekosistem darat yang dihadirkan di dalam sebuah wadah (gelas). Mirip seperti aquarium yang dipakai untuk memelihara makhluk hidup air namun terarium adalah kebalikannya yakni makhluk hidup dan lingkungannya dari darat.

Arti secara luas saat ini terarium adalah tiruan dari taman yang di hadirkan dalam wadah biasanya berupa botol kaca yang memiliki unsur dekoratif sehingga memiliki bentuk unik dan menarik.

Asal muasal terarium

Tahun 1842 Nathaniel Bagshaw Ward membuat penelitian dengan menanam berbagai macam tumbuhan tropis dalam sebuah wadah yang terbuat dari kaca tertutp. Ternyata tananam ini bisa hidup normal sehingga Nathaniel bisa melakukan berbagai percobaan. Oleh sebab itu Terarium juga di kenal sebagai ‘ Wardian Cases’ kata ‘Ward’ diambil dari nama belakang penemunya.

Terarium kemudian lebih banyak dikenal masyarakat setelah Ward mempublikasikan bukunya yang berjudul “On the Growth of Plants in Closely Glazed Cases”.

Kategori Terarium

Terarium dikelompokan menjadi dua macam, yakni:

– Terarium terbuka, tanaman yang dipelihara di wadah ini bisa mentolerasi sinar matahari. Terlalu banyak terkena cahaya maka daun tumbuhan bisa terbakar.

– Terarium tertutup, untuk tanaman sensitif terhadap cahaya, atau tidak membutuhkan sinar yang langsung, atau untuk tanaman yang membutuhkan kelembaban maka terarium bisa dilengkapi dengan penutup bagian atasnya.

Namun ada beberapa orang yang juga mengelompokan terarium menjadi dua kategori berikut,

– Terarium basah, dibuat untuk memelihara tanaman yang memiliki habitat lembab.

– Terarium kering, dibuat guna memelihara tanaman yang hidup di tempat kering contohnya tanaman yang biasa hidup di padang pasir.

Terarium awalnya dibuat oleh Nathaniel Ward dimana dia secara tak terduga menemukan penemuan untuk menanam beberapa tanaman tropis pada sebuah botol untuk melakukan penelitian.

Oleh sebab itulah terarium di sebut juga dengan Wardian Cases.

Sumber Gambar : Wikipedia

Pengunjung Datang Dengan Kata Kunci :

terrarium itu apa?
About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code