Tips Buat Si Pelupa

Ini ada beberapa tips supaya kita bisa mengingat sesuatu dan tidak gampang lupa

Jadilah guru

Maksudnya ajarkanlah sesuatu kepada orang lain. Ini membantu kita untuk mengingat apa yang sudah kita pelajari. Mungkin punya hobi merajut? atau menjahit? Cobalah ajarkan keahlian tsb kepada orang sekitar 🙂

Jangan berhenti belajar

Belajar tidak mesti dalam kelas, belajar hal2 baru bisa dengan membaca buku, browsing internet atau sekedar bertukar pikiran dengan teman 😉

Dengan terus belajar, otak kita terbiasa dengan hal2 baru dan mengurangi resiko yang berhubungan dengan berkurangnya daya ingat kita.

Berhenti berpikir tentang berpikir

Eh? Aneh yaa.. 😀 Iya, berpikir itu didisain sebagai proses yang otomatis. Coba jangan berpikir tentang pisang busuk. Apa yang terjadi? Hal yang kamu pikirkan sekarang ini adalah si pisang itu tadi 😀

Berpikir adalah proses yang terjadi secara tidak dengan dipaksa, dimana hal yang sering kita bisa kontrol adalah apa yang kita pikirkan.

Sekarang, coba lakukan hal yang sederhana seperti bangun dari tempat tidur kemudian mencuci muka. Cobalah perhatikan sekeliling kamu, gimana merdunya kicau burung di pagi hari, pikirkan gimana segarnya air yang membasahi muka, dan hal2 kecil lainnya. Hal ini bisa melatih otak kita dan memperkuat koneksi neuron2 syaraf kita.

Periksa gen kamu

Jika kamu punya keluarga yang terkena penyakit yang berhubungan dengan menurunnya daya ingat ini, kamu bisa mengecek kadar protein Apo E4. Apapun hasilnya, ketahuilah bahwa kegemukan dan alkohol dapat meningkatkan level preotein Apo E4 sebaliknya olahraga dapat menurunkannya.

Hiduplah pada saat ini

Otak kita bereaksi terhadap stress, stress seperti suatu gangguan di otak. Entah itu karena pekerjaan, tagihan yang belum dibayar atau hal lain pemicu stress. Salah satu kunci untuk pikiran yang sehat adalah hiduplah pada saat ini, nikmatilah saat ini dan jangan kawatirkan tentang kesalahan di hari kemaren atau ketidakpastian hari esok.

Stress juga bisa mengakibatkan susahnya berkonsentrasi. Cobalah nikmati saat menemani anak bermain dan jangan pikirkan tentang pekerjaan kantor buat esok hari. Hal ini juga membuat orang2 di sekitar menjadi menikmati kehadiran kita di tengah mereka.

Makanan buat otak

Makanan yang baik untuk otak adalah asam lemak omega 3 yang dapat ditemukan di ikan terutama salmon dan mahi-mahi. Cobalah untuk mengkonsumsi ikan sebanyak min 400 gram atau 2 gram minyak ikan per hari.

Cobalah lakukan Chi-Gong Gong

Chi-Gongan terlihat seperti gerakan lambat dari martial art, tidak hanya bisa meningkatakn kebugaran tubuh tetapi juga aktivitas yang membantu untuk menjernihkan pikiran.

Makanlah banyak sayuran

Ga usah dijelaskan lah yang ini yaa.. Secara udah pada tau kan, klo sayuran bagus buat tubuh 😉

Makanan di bawah ini juga bisa membantu loo

– Karatenoid dan flavonoid yang terdapat di sayuran dan buaha2an, dapat bertindak sebagai antioksidan

– Lycopene dan Quercitin. Banyak terdapat di buah tomat, semangka, sayuran berdaun hijau, apel merah, cranberry dan blueberry

– Resveretrol. Bisa didapat dari red wine

– Flavonoid yang terkandung dalam coklat hitam

– Jahe dan kunyit. Dapet menurunkan kadar protein Apo E4

Jaga tekanan darah

Darah kita membawa makanan buat otak. Tidak ada makanan, otak tidak bisa bekerja. Jadi satu tujuan kita yang jelas adalah menjaga supaya aliran dalar mengalir dengan lancar. Menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal, membantu mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer. Jika kamu punya tekanan darah diastolic lebih dari 90, maka kamu punya resiko terkena alzheimer 5 kali lebih besar dibanding dengan yang punya tekanan darah diastolic kurang dari 90.

Selain itu, jika kita punya tekanan darah tinggi, maka arteri akan berkontriksi dan terbentuknya plak kolesterol yang tentu saja dapat menghambat aliran darah yang mengalir di daerah tsb. Jika otak tidak menerima cukup asupan aliaran darah ke suatu area, hal ini dapat memicu terjadinya stroke.

Pffiiuh… panjang juga ternyata yaa.. Selamat mencoba yaa

Sumber : oprah.com

Inilah 10 Kerugian Akibat Kurang Tidur

Sering uring2an dan pusing ga jelas? Mungkin aja karena kamu kurang tidur yaa..
Kurang tidur bisa mempengaruhi kehidupan kita sehari2 loo, kayak menurunkan daya ingat, penampilan jadi berantakan dan bisa juga bikin nambah berat badan. Nahlo!

Selain hal di atas, ada hal lain yang bisa diakbatkan oleh si kurang tidur :

1. Kecelakaan
Baik itu kecelakaan lalu lintas maupun kecelakaan saat kerja. Kerasa kan yah, klo kurang tidur, pasti siangnya bawaannya ngantuk! Dan kalo udah ngantuk pasti susah diajak buat kegiatan yg perlu konsentrasi tinggi kayak menyetir. Jadi, hindari nyetir saat ngantuk yaa

2. Konsentrasi menurun
Tau ga sih, klo tidur malam hari itu juga berperan dalam menguat memori dalam pikiran juga loo.. Makanya kalo kurang tidur jadi konsentrasi, nalar dan kewaspadaan juga menurun

3. Masalah kesehatan serius
Ada penelitan yg membuktikan kalo 90% orang yang punya gangguan tidur alias insomnia mempunyai resiko terhadap penyakit2 spt stroke, darah tinggi dan penyakit berbahaya lainnya

4.Gairah seks menurun
Ehem.. ehem.. Uhuk.. uhuk 😛

5. Menyebabkan depresi
Orang yang kurang tidur, cenderung lebih sensitif. Gampang marah, gampang sedih dan gampang stress. Ihi ga banget yaa

6. Mempengaruhi kesehatan kulit
Biasanya klo udah kurang tidur apalagi sampe berhari, mata akan terlihat seperti mata panda 🙂 Alias ada lingkaran hitan di bawah mata.
Karena kalo kurang tidur, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dalam jumlah besar yang bisa merusak lapisan kolagen kulit. Kolagen ini padahal diperlukan supaya kulit tetap halus dan elastis.

7. Pelupa
Ini berkaitan dengan poin no 2 kayaknya yaa 🙂

8. Naiknya berat badan
Tubuh itu biasanya akan merasa lapar setelah 4 jam dari makan terakhir. Jadi, kebayang klo ga tidur yah, pasti bawaannya laper terus deh :p

9. Meningkatkan resiko kematian
Ini berkaitan dengan poin no 3 yaa..

10. Merusak penilaian
Maksudnya gini, cara kita memandang sesuatu jadi beda pada saat normal dan saat kurang tidur. Karena kita lebih sensitif aja kali yaa.. 🙁

Mari tidur yang cukup yaa!