Pilihan Diet Tepat Bisa Cegah ‘Hot Flashes’ Saat Menopause

Sebagai wanita, kita tidak akan bisa mencegah datangnya menopause. Menopause merupakan keadaan dimana tingkat hormon estrogen mulai berkurang dan peremuan tidak lagi mengalami masa haid. Di periode ini wanita sering direpotkan dengan beberapa gejala yang tidak menyenangkan diantaranya hot flashes, perubahan mood, sakit pinggang dan kehilangan gairah seksualitas.

Hot flashes adalah hal yang mengiringi menopause yang sering dikeluhkan kaum hawa. Istilah hot flashes adalah perubahan suhu yang tiba-tiba sehingga wanita rasanya seperti di oven dari dalam tubuh. Hot flashes umumnya ditandai dengan ruam di kulit, keluarnya kelenjar keringan secara berlebihan, dan naiknya detak jantung.

Hot flashes memang tidak bisa dihindari, akan tetapi penelitian terbaru menginformasikan bahwa pilihan diet selama meopause dapat memicu atau mengurangi frekuensinya.

Pilihan diet kaya sayuran & buah cegah hot flashes

Penelitian terbaru dari Autralia mengindikasikan bahwa wanita menopause yang diet kesehariannya kaya akan sayuran, buah, bawang putih, salad sayuran, pasta, buah-buahan berwarna merah amat jarang terkena hot flashes.

Studi yang melibatkan 6.000 wanita dan memakan kurun waktu 9 tahun ini juga menyatakan bahwa perempuan yang cenderung mengkonsumsi makanan tinggi gula dan lemak cenderung sering mengalami hot flashes. Sayangnya  riset ini tidak bisa membuktikan pilihan makanan mana yang dikonsumsi yang dapat menyebabkan atau mencegah hot flashes.

Peneliti berpendapat bahwa kelebihan lemak yang di peroleh dari mengkonsumsi makanan tinggi lemak akan tersimpan di dalam tubuh. Lemak bersifat menahan panas tidak mudah keluar dari dalam tubuh sehingga suhu tubuh akan gampang naik. Program penurunan berat badan yang berfokus pada pengurangan lemak bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengurangi hot flashes saat menopause.

Penyebab lain yang bisa memicu hot flashes adalah makanan berempah, minuman berkafein, dan alkohol. Jika Anda sering mengalami hot flashes maka penting sekali untuk mengamati pola makan Anda dimana makanan mana yang sekiranya bisa memicu hal ini dan mana yang tidak.

Dengan pengamatan ini maka munculnya hot flashes saat menopause setidaknya bisa dihindari dengan mengganti diet keseharian. Pola diet rendah lemak, kaya sayuran, buah, dan whole grain akan dapat membantu mengatasi hot flashes saat menopause.

Pengunjung Datang Dengan Kata Kunci :

mengatasi hot flashes dg buah buahan
About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code