Penyebab Kanker Payudara

Kanker payudara adalah jenis yang paling umum kedua kanker pada wanita dan ditandai dengan pertumbuhan tumor ganas di jaringan kelenjar payudara. Sementara tidak ada yang tahu mengapa beberapa wanita mengalami kanker payudara dan yang lainnya tidak, beberapa variabel telah diidentifikasi sebagai faktor risiko untuk kanker payudara.

Meskipun insiden lebih rendah dari penyakit, tingkat kelangsungan hidup tetap konsisten rendah untuk perempuan kulit hitam. Perempuan kulit hitam muda yang terkena kanker payudara lebih mungkin untuk mendapatkan bentuk yang sangat agresif dan mematikan dari penyakit, maka lebih tinggi tingkat kematian akibat kanker daripada wanita kulit putih di kelompok usia yang sama.

Meskipun diagnosis kanker dapat menjadi pengalaman yang menghancurkan, kebanyakan wanita berhasil mengatasi. Saat ini, lebih banyak perempuan yang bertahan kanker payudara dibandingkan sebelumnya. Lebih dari dua juta perempuan yang selamat dari kanker payudara. Dengan deteksi dini dan pengobatan yang cepat dan tepat, prospek bagi perempuan dengan kanker payudara dapat menjadi positif.

Kanker sel, juga disebut karsinoma, bentuk dengan pembelahan sel yang abnormal. Kanker payudara bukanlah penyakit tunggal. Kanker payudara dapat disebut sebagai “in situ” atau invasif. Jenis yang paling umum adalah karsinoma duktal invasif, terhitung sekitar 70 hingga 80% dari semua kanker payudara.

Penyebab dan Faktor Risiko

Tidak ada yang tahu mengapa beberapa wanita mengalami kanker payudara dan yang lainnya tidak. Meskipun penyakit ini dapat mempengaruhi perempuan lebih muda, 75% dari semua kanker payudara terjadi pada wanita usia 50 tahun atau lebih. Beberapa variabel telah diidentifikasi sebagai faktor risiko untuk kanker payudara.

Keluarga atau Genetik Risiko

Wanita yang memiliki ibu atau saudara perempuan didiagnosa menderita kanker payudara berada di hampir tiga kali risiko. Mewarisi mutasi pada gen kanker payudara mempengaruhi wanita untuk kedua payudara dan kanker ovarium, seringkali di usia muda. Pada pertimbangan resiko tinggi adalah nulligravida wanita (yang belum pernah hamil) dan nullipara wanita (yang belum pernah melahirkan). Faktor demografi usia, ras, etnis dan status sosial ekonomi juga telah tercatat sebagai faktor risiko untuk kanker payudara.

Fakta risiko utama adalah usia wanita sebagai risiko kanker payudara cenderung meningkat dengan usia. Faktor ras adalah bahwa perempuan kulit putih berada pada risiko yang lebih besar daripada wanita kulit hitam. Namun, perempuan kulit hitam didiagnosa menderita kanker payudara lebih mungkin untuk meninggal akibat penyakit tersebut. Risiko seumur hidup rata-rata mengembangkan kanker payudara bagi wanita di Amerika Serikat adalah sekitar 1 di 9.

Nutrisi dan Risiko Lifestyle

Sebelum menopause, perempuan yang obesitas mungkin memiliki penurunan risiko kanker payudara.

The American Cancer Society melaporkan bahwa wanita yang minum 2-5 minuman beralkohol sehari memiliki sekitar 1,5 kali risiko terkena kanker payudara dibandingkan wanita yang minum alkohol.

Kanker Payudara dan Merokok

Salah satu yang penting dan dicegah faktor risiko untuk kanker payudara adalah merokok.

 


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code