Pentingnya Mainan Edukasi untuk Anak

Anak-anak menghabiskan banyak waktu untuk bermain. Namun saat ini banyak anak-anak yang menghabiskan sebagian besar waktu bermain mereka dengan bermain game computer, tablet, dan menonton televisi.  Sayangnya hal ini tidak selalu baik untuk anak-anak.  Jadi kenapa tidak, kita sebagai orang tua  memberikan mereka mainan yang bisa membantu mereka belajar sambil bersenang-senang?

Mainan edukatif  apa yang terbaik untuk anak?  Mainan edukatif yang baik adalah yang memiliki kriteria di bawah ini :

  • Dapat membantu mengembangkan keterampilan kognitif. Begitu banyak mainan edukatif yang dapat membantu mengembangkan keterampilan kognitif. Contohnya  puzzle, selain dapat membantu meningkatkan keterampilan penalaran dan masalah yang anak anda miliki juga dapat mengajari anak untuk mengenali warna, bentuk, alphabet bahkan nomor.

Puzzle

  • Dapat Meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Bermain puzzle juga dapat membantu meningkatkan koordinasi tangan dan mata mereka, karena mereka akan menggunakan koordinasi tangan dan mata mereka untuk mencoba meletakkan setiap bagian puzzle di tempat yang berbeda sampai terpasang sebagaimana mestinya.
  • Mengembangkan keterampilan motorik halus. Puzzle juga dapat berperan dalam pengembangan motorik halus, yaitu ketika mereka bermain dan memegang mainan tersebut.  Keterampilan motorik halus sangatlah penting, terutama ketika mereka akan memulai belajar menulis di kemudian hari.

Fungsi dari mainan edukatif adalah sebagai stimulus untuk mengembangkan kemampuan anak. Tapi jangan lupa untuk selalu dan mendampingi anak ketika bermain, untuk lebih memaksimalkan stimulasi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.


Comments

  1. mudafiatun isriyah says:

    kalo boleh berbagi pengalaman dong agar tahu wawasan ke depan seperti apa

Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code