Obesitas Anak

Apa itu obesitas?      

Obesitas merupakan keadaan  kelebihan berat badan yang serius – yang mempengaruhi kesehatan Anda. Obesitas pada masa kanak-kanak dikaitkan dengan masalah-masalah kesehatan dan anak akan menjadi gemuk setelah dewasa. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena obesitas meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan. Jumlah anak-anak kelebihan berat badan di seluruh dunia meningkat begitu cepat.

Penyebab Obesitas

Obesitas dan kelebihan berat badan disebabkan oleh dua faktor sederhana, yaitu

  •  diet yang tidak sehat (terlalu banyak gula dan lemak tetapi  kurang serat dan karbohidrat)
  • tidak melakukan latihan yang cukup untuk membakar kalori yang dikonsumsi.  Hal ini memungkinkan lemak tubuh serta lemak perut menumpuk.

Ada juga faktor lain seperti faktor genetik (walaupun jarang) disebut Prader-Willi Syndrome yaitu adanya masalah dengan mengendalikan rasa lapar.

Efek dari obesitas termasuk masalah dengan sendi dan tulang, sakit kepala, hypo-ventilasi (yang mengarah ke mengantuk di siang hari, mendengkur dan bahkan gagal jantung), penyakit empedu kantung kemih, poli kistik ovarium sindrom, tekanan darah tinggi, dan lemak darah tinggi.

kegemukan pada anakObesitas meningkatkan bahaya resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Ini biasanya merupakan penyakit yang terlihat di kemudian hari pada orang dewasa, tetapi ada kecenderungan peningkatan bagi anak-anak remaja dengan penyakit ini sebagai akibat dari obesitas.

Ada juga efek psikologis, menyebabkan rendah diri. Di Inggris, sekitar 27 persen anak-anak sekarang kelebihan berat badan, dan penelitian menunjukkan masalah utama adalah anak-anak kurang berolah raga. Anak kelebihan berat badan biasanya mempunyai orang tua yamg kelebihan berat badan juga  – hal ini disebabkan dari masalah gaya hidup keluarga.

Index Massa Tubuh seorang anak (BMI) dihitung dengan menggunakan proses yang sama seperti untuk orang dewasa – berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter. Hindari menggunakan BMI dewasa untuk menentukan apakah seorang anak kelebihan berat badan atau obesitas. Spesifik yang disesuaikan menurut grafik umur sangat penting.

Sebuah gaya hidup yang melibatkan latihan fisik sedikit dan aktivitas yang berlebihan, terutama menonton televisi, akan menyebabkan obesitas.

Ada dua hal yang terjadi terhadap anak-anak. Salah satunya adalah bahwa mereka memiliki pasokan makanan yang cenderung tinggi kalori dan penuh lemak dan gula, dua, kurangnya latihan fisik.  Salah satu faktor utama dalam obesitas adalah bahwa banyak sekolah telah menghapus  pendidikan jasmani. Ini berarti anak-anak tidak pernah diberitahu tentang pentingnya kegiatan fisik. Orang tua harus mengambil peran lebih aktif dengan mendorong anak-anak mereka untuk tetap aktif dan mengatakan kepada mereka mengapa sangat penting untuk alasan kesehatan.

Kegiatan tidak perlu terstruktur, seperti dalam olahraga, tetapi dapat menjadi sesuatu yang membuat Anda berolahraga dan membakar kalori seperti naik sepeda, berjalan, berenang atau berkebun. Berharap Anda semua bergaya hidup sehat.


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code