Obat Herbal untuk Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti itu konon selalu menjadi momok. Tak jarang kematian terjadi akibat kurangnya kesadaran akan penyakit ini.

Menurut beberapa sumber, penyakit ini memang belum ada obatnya. Biasanya, dokter hanya akan memberikan infus atau vitamin saja.

Konsultan kesehatan Dr. M. Andri Jaya Kurnia mengatakan bahwa dari sisi tradisional, ada dua hal yang bisa dilakukan sebagai solusi. Pertama, orang bisa mengusir nyamuk dengan bunga lavender. Jadi, tanam saja bunga lavender di halaman rumah atau di pot. Kedua, karena penyakit ini disebabkan oleh virus, kita perli memperhatikan stamina kita.

Badan mempunyai mekanisme antibodi sendiri. Jadi, kita perlu memberikan stimulan supaya badan bisa memproduksi antibodi sendiri. Daun sambiloto (Andrigraphis paniculata Ness) bisa dikonsumsi sebagai antivirus.

Jika sudah terjangkit penyakit ini, kita harus mengkonsumsi banyak minuman. Air kelapa muda sangat bagus karena mengandung elektrolit alami yang bisa mengurangi shock. Jus buah juga sangat bagus, misalnya: Jus jambu biji, jus pepaya, jus mangga, dan jus apel.

Menurut riset dari Fakultas KEdokteran Universitas Airlangga Surabaya, ekstrak daun jambu biji bisa mengurangi permiabilitas vena dan memperbaiki sel darah merah yang rusak karena demam berdarah. Ekstrak daun jambu biji juga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan virus dengue.

Jambu biji mengandung banyak vitamin C, kira-kira sampai enam kali lebih tinggi daripada jeruk, sepuluh kali lebih tinggi daripada pepaya, dan tiga puluh kali lebih tinggi daripada pisang.

 

Disederhanakan dari: Media Indonesia, 20 Pebruari 2005.

 


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code