Menjalin Kedekatan dengan Anak

Hati orang tua mana yang tidak miris bila setiap kali butuh sesuatu, si anak akan memanggil mbak atau baby sitter yang biasa menjaganya di rumah.

Kedekatam pengasuh dengan anak umunya terbentuk lantaran besarnya tuntutan hidup di kalangan masyarakat urban yang memaksa si ibu membantu ayah mencari uang dengan bekerja di luar rumah, Terpaksa anak tinggal di rumah bersama pengasuh atau baby sitter.

Jika ada ibu atau merua yang ikut mengawasi masih lebih beruntung. Namun bila mereka tinggal jauh dari rumah, agar anak terdidik dengan baik dan tetap merasa dekat dengan kedua orangtuanya, maka orang tua harus tetap mengawasi dan bertanggung jawab atas pendidikan anak.

Untuk menjalin kedekatan dengan anak, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh orangtua, antara lain :

  1. Biasakan menelepon anak di rumah pada jam istirahat kantor untuk sekadar menanyakan kabar dan mendengarkan ceritanya mengenai kegiatan yang ia lalui selama orangtua pergi. Berikan sedikit perhatian dengan menanyakan hal-hal kecil seperti makanan apa yang dimakan, mainan apa yang dimainkannya dan hal-hal kecil lainnya yang bisa membuat anak merasa diperhatikan.
  2. Saat pulang bekerja atau di akhir minggu, luangkan waktu untuk bersenda gurau dan bermain bersama anak atau sekadar membacakan dongeng sebelum tidur. Percaya atau tidak, hal-hal seperti ini mampu menghangatkan keakraban dan memberikan rasa nyaman di hati putra putri Anda
  3. Posisikan Anda sebagai temannya. Dengan begitu, anak tidak merasa sungkan untuk berbagi dan curhat mengenai segala permasalahan yang mereka miliki (jangan dikira anak tidak punya masalah loo). Jika anak sedang curhat, jadilah pendengar yang baik dan penuh perhatian, karena dengan begitu anak akan merasa dekat dan dihargai oleh Anda.
  4. Berikan penghargaan atas semua perbuatan baik yang dilakukan oleh anak walaupun hanya sekadar pujian, senyuman dan tepukan tangan. Dengan begitu, anak belajar untuk menghargai dirinya sendiri dan akan berusaha keras untuk menjadi yang terbaik demi menyenangkan hati orang tuanya.
  5. Bila dirasa perlu, pemberian hukuman juga perlu diterapkan jika anak melakukan perbuatan yang tidak terpuji. Tak perlu memarahi anak. Cukup dengan menunjukkan rasa tidak senang, anakpun bisa mengerti bahwa perbuatannya tidak disukai oleh orangtuanya

Sumber : Kompas, 21 Agustus 2011

About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code