Mengenal Motif Batik

Meskipun batik telah dikukuhkan menjadi warisan budaya asli Indonesia, masih banyak masyarakat yang belum mengenal motif batik.

Batik merupakan kain khas yang dimiliki hampir seluruh daerah di Indonesia. Motif-motif batik pun sangat beragam. Bahkan, setiap motif memiliki makna penting yang melambangkan daerah asalnya.

Untuk lebih mengenal motif batik, berikut ini penjelasan tentang beberapa motif batik yang popular, berikut makna di baliknya.

1. Motif Sido Luhur

Bagi masyarakat Jawa, hidup ini bertujuan untuk mencari keluhuran, baik secara materi maupun non materi. Dari falsafah itulah batik motif sido luhur tercipta. Sebagai gambaran, keluhuran materi adalah cara memperoleh materi dengan jalan yang benar. Setelah itu, cara memanfaatkan materi pun diatur sedemikian rupa agar bermanfaat bagi orang lain. Sedangkan, keluhuran non materi ada pada sikap dan sifat manusia. Yaitu, harus selalu memelihara ucapan dan tindakan, agar sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan.

2. Motif Tambal

Memulai Bisnis Online Tas BatikUntuk lebih mengenal motif batik, mari kita tengok motif tambal. Motif ini bermakna menambah semangat baru. Karena itu, motif tambal digunakan untuk menyelimuti orang yang sedang sakit. Dengan memakai batik motif tambal, diharapkan si sakit mendapatkan semangat baru sehingga cepat sembuh.

3. Motif Truntum

Motif ini bermakna sebagai lambang cinta yang tulus dan semakin lama semakin subur. Motif ini diciptakan oleh Permaisuri Sunan Paku Buwono II. Batik motif truntum dikenakan oleh orangtua pada saat melaksanakan pernikahan putra-putrinya. Makna lain dari motif ini adalah orangtua wajib menuntun kedua mempelai dalam mengarungi rumah tangga.

4. Motif Mega Mendung

Motif ini berbentuk garis-garis lengkung yang membentuk lingkaran dari yang paling kecil (di dalam lingkaran), hingga garis paling lebar (di luar lingkaran). Secara keseluruhan, motif ini membentuk gambar awan. Filosofi dari motif ini adalah kehidupan yang selalu berubah-ubah. Kadang di atas, kadang di bawah. Juga, bermakna bahwa kita harus selalu melihat keluar agar dapat mengembangkan diri. Itulah motif-motif batik yang terkenal. Masih banyak lagi motif batik yang harus diketahui, agar kita lebih mengenal motif batik yang merupakan warisan budaya tak ternilai.

About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Trackbacks

  1. […] Batik dimiliki oleh hampir seluruh daerah di Indonesia. Setiap daerah pun memiliki motif batik khas, yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Para pelancong dari luar negeri pun sangat mengagumi aneka batik nusantara. […]

Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code