Mengembangkan Kecerdasan Anak

Si Putri kok cerdas dan pintar ya? Si Badu kok agak lambat dan nggak maju-maju ya pelajarannya? Si Putra kok tanggap sekali ya? Dan banyak lagi “kok” lainnya.

Seringkali hal tersebut dilontarkan oleh orang tua yang kurang puas dengan kondisi dan kepintaran yang dimiliki oleh putra putri mereka. Padahal, disadari atau tidak, orangtua sebenarnya memiliki peran yang cukup besar untuk mengembangkan kecerdasan anak. Bahkan, boleh dibilang orangtua merupakan guru perdana bagi mereka.

Seorang anak adalah peniru ulung orangtuanya. Semua kegiatan dan kebiasaan, baik atau buruk, bisa mereka tiru dengan mudahnya. Jadi, jangan  terburu menyalahkan anak bila mereka melakukan sesuatu yang kurang berkenan. Bisa jadi, mereka hanya meniru tingkah polah kedua orangtuanya.

Kecerdasan pada dasarnya bisa dibedakan menjadi 2, yaitu kecerdasan mental dan intelektual. Peran orangtua untuk mengembangkan kecerdasan anakpun cukup besar. Untuk mengembangkan kecerdasan mental, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua, antara lain:

  1. Menyediakan waktu luang, baik untuk bermain maupun sekadar menemani kegiatan mereka sehari-hari, sebanyak mungkin. Anak-anak bukan hanya membutuhkan kualitas pertemuan tetapi juga kuantitas pertemuan
  2. Menyediakan mainan yang bisa menarik perhatiannya. Ada baiknya jika orangtua menyediakan permainan edukatif yang berguna untuk perkembangan kecerdasannya.
  3. Sesering mungkin bicara dan memujinya. Dengan memuji mereka, anak akan merasa dihargai dan tertantang untuk melakukan perbuatan yang lebih baik lagi
  4. Melatih imajinasi dengan membacakannya cerita
  5. Sebanyak mungkin anak diberi kesempatan meraba, memegang dan menyelidiki sekitarnya

Sementara itu, untuk mengasah dan mengembagkan kecerdasan intelektualnya, hal-hal yang dapat dilakukan orangtua, antara lain:

  1. Membaca sambil bermain
  2. Sebanyak mungkin menyediakan buku-buku bagi mereka agar mereka tergerak untuk suka membaca
  3. Sesering mungkin mengunjungi toko buku atau perpustakaan untuk memancing minat baca mereka
  4. Memanfaatkan rasa ingin tahu anak

Sumber : Kompas, 21 Agustus 2011

About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code