Mengatasi Balita Susah Makan

Ternyata masalah susah makan pada anak masih menjadi problem tersendiri bagi para orang tua. Hal itu jelas karena melalui makananlah, gizi anak bisa tercukupi. Dan melalui makanan yang baik juga, anak bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Meskipun susah namun Anda harus berusaha agar buah hati Anda tetap mendapatkan asupan makanan dengan gizi yang cukup untuk mendukung tumbuh kembang dan juga aktivitasnya. Lalu, bagaimana caranya? Anda tidak perlu cemas dalam mengatasi balita susah makan karena banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati anak susah makan.

Oiya, ada satu hal yang patut Anda ketahui, yakni pada usia balita, biasanya balita cenderung mengalami susah makan dan suka memilih-milih makanan. Nah, sebelum Anda mengetahui cara mengatasi balita susah makan, bagaimana jika Anda mengetahui beberapa faktor yang membuat balita Anda menolak atau memilih-milih makanannya? Penasaran, yuk intip beberapa hal yang membuat balita Anda menolak makanan yang sudah Anda sajikan, yang diantaranya adalah :

  • Balita Anda sedang sakit, untuk itu Anda harus jeli melihat perubahan sikap dan juga kesehatan tubuhnya.
  • Bosan dengan menu yang Anda sajikan dan cara penyajiannya yang kurang menarik, Ada baiknya jika Anda mengganti-ganti menu hariannya.
  • Banyak minum susu sehingga membuatnya kenyang
  • Terlalu banyak mengonsumsi camilan padat kalori sebelum jam makan sehingga membuatnya malas makan
  • Terlalu asyik bermain sehingga ia menolak makan

Mengatasi Balita Susah MakanNah, setelah mengetahui beberapa faktor yang membuat balita Anda menolak atau memilih-milih makanannya, kini saatnya Anda mengetahui cara mengatasi balita susah makan, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sabar dan jangan pernah memaksa anak karena hanya akan membuat anak semakin menolak makanan dan menimbulkan trauma tersendiri
  • Kreatif dan inovatif dalam mengolah serta menyajikan menu makanan agar anak tertarik
  • Ciptakan suasana makan yang menyenangkan dalam keluarga karena hal itu akan menarik perhatiannya.
  • Minimalkan gangguan, misalnya matikan televisi, singkirkan mainan ketika jam makan tiba, dan hindari bercanda saat makan
  • Gunakan alat makan yang menarik, misalnya berbentuk mainan atau bergambar tokoh kesukaannya.
  • Berikan pengertian pada balita Anda tentang pentingnya mengonsumsi makanan sehat, tentu saja dengan bahasa yang mudah ia mengerti.

Selamat mencoba!

About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code