Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Punya anak yang susah makan? pastinya sebagai orang tua Anda akan merasa kerepotan ya. Belum lagi jika buah hati disertai dengan penurunan berat badan dan pikiran khawatir mengenai ada tidaknya penyakit yang hinggap pada si kecil.

Mengatasi Anak Yang Susah MakanSeperti yang dialami oleh pasangan sebut saja Yayuk, yang memiliki anak berusia 5 tahun dengan berat badan hanya 14 Kg dan tinggii 115 cm. Putri Yayuk, Melinda kurang memiliki nafsu makan. Apalagi jika sedang ingin makan Melinda hanya menghabiskan satu piring kecil nasi.

Menurut seorang psikolog Yudi Suharsono, MSi, makan adalah proses pendidikan berulang atau repetisi yang membutuhkan keterlibatan kasih sayang dan kesabaran.

Saat-saat kritis dimana anak akan susah makan adalah saat pergantian ASI atau susu formula dengan makanan yang agak lebih bertekstur seperti bubur susu, nasi tim yang sudah disaring, atau puree. Apalagi peralihan ini berlangsung dengan sempurna dan tidak ada gangguan maka bisa jadi proses makan bagi buah hati akan berjalan dengan semestinya.

Masalah yang dialami oleh ibu Yayuk kemungkinan besar adalah Melinda memiliki karakteristik sebagai pemilih makanan (picky eater) jadi si anak hanya mau mengkonsumsi makanan jenis tertentu.

Sebagai orang tua maka kita tidak boleh berputus asa jika menemukan anak seperti ini. Langkah pendekatan yang wajib dilakukan kita sebagai orang tua adalah berbicara dari hati hati dengan si anak mengenai pentingnya makanan bagi pertumbuhan tubuh.

Anda bisa melakukan percakapan ini sembari melakukan permaian dengan si anak. Dengan begini si anak bisa memahami apa yang ingin Anda sampaikan dengan baik.

Jangan lupa ajari si buah hati untuk makan sendiri tanpa disuapi. Walau hal ini awalnya sulit dimana si anak hanya makan dalam jumlah yang sedikiti akan tetapi jika dilakukan secara erulang akan menjadikan kebiasaan bagi anak.

Bila perlu ajaklah setiap hari minimal satu kali si anak makan bersama kedua orang tuanya. Berikan contoh bagaimana cara makan yang baik sembari ngobrol bersama. Dengan cara ini maka anak akan meniru tindak tanduk orang tua saat makan. Ingat anak cenderung mencontoh apa yang dilakukan oleh kedua orang tuanya.

Satu lagi yaaaa jangan lupa si buah hati dibawa ke dokter agar dilakukan pemeriksaan. Bisa jadi anak mengidap penyakit tertentu yang membuat nafsu makannya semakin menurun.

About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code