Mendidik Anak Yang Suka Mengatur Temannya

Bunda punya buah hati yang saat bermain suka mengatur teman-temannya? Coba deh Bunda amati saat si kecil bermain apakah dia suka mengontrol rekan-rekannya dengan mengatakan harus begini, begitu pokoknya semua perkataannya harus dituruti oleh temannya.

Ketahui watak buah hati

Kepribadian anak ada beraneka ragam. Dinataranya yaitu aktif, pasif, suka mengatur, atau bahkan lebih suka diatur. Nah memiliki anak dengan watak yang suka mengatur memang memiliki kelebihan sekalugus kekurangannya loh Bunda.

Mendidik Anak Yang Suka Mengatur TemannyaKelebihan dari sifat anak yang suka mengatur adalah buah hati sudah memiliki sikap kepemimpinan yang bisa dimanfaatkan untuk berorganisasi akan tetapi sebaliknya jika hal ini dibiarkan terus menerus maka akan membuat anak menjadi egois.

Bisa saja egoisme ini bisa terbawa hingga dewasa yang mengakibatkan mereka hanya mau dimengerti oleh orang lain. Nah jika teman-teman sepermainannya ada yang tidak mau menuruti buah hati Anda maka bisa jadi pertengkaran akan timbul.

Apa yang bisa dilakukan untuk menjadikan Anak memiliki kepedulian?

Komunikasi adalah cara jitu untuk mendidik anak. Saat si anak selesai bermain dengan teman-temannya maka ajaklah buah hati berbicara empat mata, kemudian bertanyalah pada si anak pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apa yang dirasakan anak ketika memaksakan kehendak agar temen-temennya menuruti perintahnya?
  • apakah si anak tahu perasaan teman-temannya saat mereka diataur?
  • bagaimana perasaan si anak jika hal yang sama dialaminya?

Berikan waktu semaksimal mungkin untuk mengetahui jawawan si buah hati. Kemudian Anda bisa mengatakan pada si anak apa yang dilakukannya itu akan membuat teman-temannya sedih. Dengan cara seperti ini maka kepedulian si anak akan mulai terbangun.

Langkah selanjutnya adalah mendorong anak untuk bisa berbagai saat bermain. Doronglah si anak untuk berbagai makanan misalnya pada temen-temennya. Hal lain adalah berbagai mainan, atau bermusyawarah dengan teman sebelum mulai bermain.

Setelah si buah hati selesai bermain, ajak kembali untuk berdiskusi empat mata dan tanyakan beberapa contoh pertanyaan berikut ini yaaaa:

  • apa yang dirasakan buah hati saat berbagai makanan atau mainan dengan teman-temennya?
  • apa yang dirasakan temen-temennya saat buah hati melakukan hal ini?

Nah kemudian tanamkan pada anak bahwa mulai saat ini dia harus selalu berbagi dengan teman-temannya dan selalu berkomunikasi dengan teman-temannya saat bermain.

Oh ya Bunda lakukan hal ini terus-menerus ya sebab perulangan akan bisa menanamkan pada buah hati bahwa hal ini adalah perbuatan yang baik dan pertumbuhan si buah hati pun bisa dikembangkan ke arah yang lebih baik.

Pengunjung Datang Dengan Kata Kunci :

apa yg dirasakan para autis,cara mengatasi anak yang suka mengatur teman,cara mengendalikan anak yang suka mengatur temannya,cara menghadapi anak yang suka mengatur temannya,mengatasi anak yang suka ngatur,sifat anak yang suka mengatur teman
About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code