Mempersiapkan Balita Anda untuk Adik Baru

Bagi banyak orangtua, memiliki anak kedua banyak hal yang berbeda dari memiliki anak pertama. Tapi mungkin perbedaan yang paling penting antara anak pertama dan anak kedua adalah fakta sederhana bahwa sekarang akan ada dua, bukan satu, dan ini membuat hal-hal yang sangat lebih rumit.

Sangat mudah untuk menemukan saran untuk menyiapkan anak pertama, tapi tidak ada banyak informasi tentang tantangan-tantangan khusus mempersiapkan balita untuk menerima saudara barunya. Balita masih sangat terbatas dalam apa yang mereka mengerti, dan konsep saudara kecil mungkin tidak sepenuhnya diterima. Sementara itu, anak-anak usia ini masih menantang dengan perasaan mereka sendiri, dan mereka mungkin masih memiliki kesulitan mengikuti perintah orang tua. Semua elemen ini menciptakan situasi yang sulit.

Mempersiapkan Balita Anda untuk Adik BaruTentu saja, ada beberapa hal yang besar tentang memiliki anak kedua ketika yang pertama masih balita. Anda akan memiliki dua sampai empat tahun malam yang sulit, penggantian popok, dan pengawasan yang konstan, tetapi hal-hal akan menjadi lebih mudah jika anak sulung Anda mendekati usia prasekolah dan lebih mudah masuk ke lingkungan balita.

Untuk membuat semuanya berjalan semulus mungkin, mulai mempersiapkan anak pertama Anda segera setelah Anda mengetahui Anda akan memiliki yang kedua. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan ini :

  • Buku bayi yang membantu memperkenalkan anak Anda untuk konsep-konsep ini, dan pastikan untuk menghabiskan waktu di sekitar keluarga lain yang mempunyai saudara.
  • Melakukan apa saja untuk membuat anak pertama Anda menjadi semandiri mungkin. Mulai memperlakukan dia seperti anak yang lebih besar dan dia akan punya pilihan selain menjadi anak pertama.
  • Jika Anda harus membuat perubahan praktis seperti memindahkan anak sulung Anda ke kamar tidur baru, terapkan perubahan ini jauh sebelum kedatangan anak kedua sehingga anak sulung Anda tidak akan harus menyesuaikan dengan yang baru terlalu banyak sekaligus.

Menyambut Adik Baru

Waktu yang paling menantang adalah setelah anak kedua telah tiba. Kesulitan tak terduga pasti akan muncul, tapi di sini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya lebih halus :

  • Membuat segala sesuatu berhubungan dengan kedua anak. Misalnya, ketika teman-teman dan keluarga datang untuk mengunjungi bayi, diperjelas bahwa kunjungan mereka juga tentang mengunjungi anak yang lebih tua.
  • Lakukan hal yang menyenangkan, hal-hal khusus untuk anak yang lebih tua untuk menikmati. Jadi pastikan anak pertama Anda merasa hal yang luar biasa adalah hal lain dan bukan karena kedatangan anak kedua Anda.
  • Berikan anak Anda yang lebih tua perhatian ekstra khusus. Jika dia sepertinya ingin diperlakukan seperti bayi, jangan melawannya terlalu banyak. Adalah umum bagi balita untuk mundur dalam beberapa hal ketika adik tiba. Ini akan berlangsung dalam waktu singkat, tetapi sementara itu Anda dapat membuat segalanya lebih mudah dengan membiarkan anak mengatur dirinya untuk bagaimana dia ingin diperlakukan.

 


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code