Membesarkan si Jagoan Cilik

Banyak yang mengatakan, membesarkan anak laki-laki menyenangkan sekaligus melelahkan. Anak laki-laki cenderung hiperaktif dari pada anak perempuan. Umumnya, aktivitasnya lebih banyak melibatkan fisik dan memiliki keingintahuan yang besar.

Tanpa disadari, orang tua ingin menekankan pentingnya sosok maskulin dan tangguh yang terkadang tidak sesuai dengan usia anak. Misalnya, Anda mengajari anak laki-laki tidak boleh menangis atau emosional. Sebagai anak laki2, idealnya dia harus cepat mandiri, bertanggung jawab terhadap adik dan ibu, dan tidak perlu merengek minta dipeluk.

Biarkan dia berkembang sesuai tahapan usianya. Seperti diceritakan oleh Steve Biddulph dalam bukunya Raising Boys, pria, ada tiga tahap perkembangan.

Pertama, saat kelahiran sampai 6 tahun, anak-anak adalah kedekatan utama dengan ibunya. Pada tahap ini bahwa anak-anak belajar tentang belas kasih. Tahap kedua pada usia 6-14 tahun, ketika anak mulai melihat ayahnya membantu menemukan minat baru dan aktivitas.

Sementara tahap ketiga pada usia 14 dan orang dewasa, sementara anak-anak terus belajar keterampilan baru, tanggung jawab baru, dan harga diri masyarakat baru.Kehadiran ayah dan sosok laki-laki dewasa sebagai peran mentor yang hebat.

Selain tetap memberikan kasih sayang yang sama untuk saudara-saudara perempuannya, berikut adalah beberapa tips praktis tentang membesarkan seorang anak laki2, antara lain:

Mengekspresikan perasaan dengan mengobrol. Diskusikan dengannya, setelah sekolah, tanyakan kegiatan anak Anda hari itu. Biarlah menceritakan pengalamannya dengan ekspresif, mendorong diskusi tentang ide-ide kegiatan yang mereka sukai, dan bagaimana untuk menyelesaikan tugas.

Hindari bias gender. Kenalkan anak dengan kegiatan seperti Anda memperlakukan anak Anda. Biarkan dia melakukan apa yang dia suka. Memberikan kesempatan untuk berpartisipasi juga melakukan pekerjaan rumah mereka, termasuk memasak.
Disiplin sesuai usia. Umumnya orang tua cenderung lebih tegas terhadap anaknya. Berusaha untuk menjadi adil terhadap perilaku anak laki-laki dan wanita Anda, sesuai dengan tahap usia. Jika anak Anda melakukan sesuatu yang positif, jangan ragu untuk memberikan pujian.
About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code