Kebutuhan Gizi Bayi dan Balita

Banyak orang bilang bahwa masa balita merupakan masa emas atau golden moment. Golden moment untuk pertumbuhan dan perkembangan otak yang maksimal, sayangnya tidak terjadi pada semua balita. Hanya balita dengan asupan nutrisi tepatlah yang bisa melakukannya. Mau tahu seperti apa dan bagaimana kebutuhan gizi bayi dan balita agar pertumbuhan dan perkembangan otaknya maksimal?

Kebutuhan gizi bayi 0 – 6 bulan

Program ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan bukan tanpa alasan. Hal ini tentu didasarkan pada penelitian banyak ahli gizi yang akhirnya berkesimpulan bahwa kebutuhan gizi bayi hingga usia 6 bulan semuanya ada pada ASI tanpa perlu makanan atau minuman. ASI ini tak ada yang bisa menjadi tandingannya.

Kebutuhan gizi bayi dan balita di atas 6 bulan

Jika bayi hingga usia 6 bulan hanya cukup ASI saja, maka setelah usia 6 bulan, bayi tersebut membutuhkan makanan tambahan. Makanan tambahan tersebut tentu harus bisa memenuhi semua kebutuhan gizi bagi bayi tersebut untuk tumbuh-kembangnya.

Kebutuhan Gizi BalitaPada dasarnya, kebutuhan gizi bayi dan balita itu sama dengan orang dewasa. Hal yang membedakan tentu adalah jumlah dan prioritas kandungan gizi yang diperlukan. Berikut ini beberapa jenis kebutuhan gizi yang diperlukan tersebut.

Protein. Karena bayi dan balita sedang dalam masa pertumbuhan otak, protein merupakan kebutuhan gizi paling utama yang diperlukannya. Protein ini mencakup protein nabati (tumbuhan) dan protein hewani. Contoh makanan yang kaya dengan protein ini di antaranya adalah daging, mentega, keju, telur, susu, dan kacang-kacangan.

Karbohidrat. Sebagai makhluk yang sedang aktif, bayi dan balita tentu membutuhkan energi. Sumber energi ini didapat dari karbohidrat. Sumber karbohidrat yang cocok untuk bayi misalnya saja adalah sereal, beras putih, beras merah, dan juga roti.

Lemak. Selain karbohidrat, bagi tubuh, lemak merupakan cadangan energi. Jika tidak ada karbohidrat, maka tubuh mendapatkan energi dari lemak. Makanan-makanan yang kaya akan lemak di antaranya adalah daging, mentega, susu, keju, telur, dan lain-lain.

Vitamin. Agar metabolisme semua sistem tubuh bayi bisa optimal, bayi dan balita juga memerlukan vitamin. Vitamin ini tentu saja dari vitamin A, B, C, D, E, hingga vitamin K. Makanan yang kaya akan vitamin di antaranya adalah sayuran hijau, sayuran merah, buah-buahan, daging, keju, dan juga susu.

Mineral. Fungsi mineral memang tidak signifikan seperti jenis gizi lainnya. Akan tetapi tetap, mineral ini penting bagi tubuh dan otak bayi dan balita. Makanan-makanan yang kaya mineral di antaranya adalah sayuran segar, buah-buahan, daging, susu, telur, keju, mentega, dan masih banyak lagi.
Nah itulah di antaranya kebutuhan gizi bayi dan balita yang diperlukan.

 

Pengunjung Datang Dengan Kata Kunci :

paragraf tentang gizi untuk bayi,golden moment usia balita
About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Trackbacks

  1. […] anak masih menjadi problem tersendiri bagi para orang tua. Hal itu jelas karena melalui makananlah, gizi anak bisa tercukupi. Dan melalui makanan yang baik juga, anak bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. […]

Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code