Bagaimana Terapi Autisme Pada Anak Dilakukan

Saat orang tua mengetahui bahwa salah satu buah hatinya menderita autisme maka berbagai jenis terapi pun mulai direncanakan. Ada banyak terapi untuk anak autis. Beberapa orang tua bahkan khawatir terapi yang menggunakan obat-obatan bisa berpengaruh buruk pada anak mereka.

Tapi ini bukanlah hal yang semestinya dikhawatirkan, disebabkan beberapa kasus autisme pada anak membutuhkan pengobatan akan tetapi pada kasus yang lainnya tidak perlu. Terdapat pula terapi alternatif tanpa penggunaan obat.

Berikut beberapa macam terapi yang biasa dipakai untuk penderita autis pada anak.

Terapi Pengobatan

Jenis obat yang dipakai untuk penderita autis sangat beraneka ragam. Obat inipun memiliki fungsi yang bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan. Terdapat obat yang dipakai untuk mengatasi rasa cemas yang sering diderita anak autisme. Obat jenis anipsychotic dipakai untuk anak autis yang memiliki masalah tingkah laku. Beberapa obat juga dipakai untuk anak autis yang kesulitan untuk tertidur. Obat-obatan ini tidak menyembuhkan autisme dan penggunaannya harus dengan pengawasan dokter.

Terapi Okupasi

terapi okupasi akan membantu anak autis untuk bisa hidup secara mandiri. Mereka akan belajar untuk bagaimana mengenakan baju, bagaimana mandi, cara makan setiap harinya. Anak autis akan dilatih syaraf motoriknya. Terapi ini juga mengajarkan anak untuk bisa menggunakan alat-alat sederhana, diajarkan apa yang berhaya baik yang ada dirumah atau di luar rumah.

Terapi fisik

Banyak anak autis yang membutuhkan terapi fisik. Terapi fisik dibutuhkan bagi anak autis yang memiliki otot lemah. Terapis yang menangani ini juga akan bekerja untuk merangsang otot motorik si anak. Bentuk terapi ini bisa berupa jalan, berdiri, dan berguling.

Terapi Tingkah Laku

Terapi tingkah laku akan berkonsentrasi untuk mengajarkan anak autis bagaimana mereka bisa berprilaku dengan baik. Terapi ini umumnya menggunakan sistem reward. Dengan belajar bagaimana berperilaku baik maka anak autis akan mendapatkan hadiah dan hadiah dihentikan jika mereka menunjukkan perilaku yang buruk.

Terapi Bicara

Anak autis umumnya bermasalah dengan cara berkomunikasi. Mereka sulit untuk mencerna perkataan verbal. Bahkan beberapa anak autis tidak pernah ngomong sama sekali. Jadi mereka harus diajarkan bagaiman untuk berkomunikasi dengan menggunakan terapi bicara.

Terapi-terapi diatas adalah beberapa contoh dari sekian banyak terapi yang bisa dipergunakan untuk anak autis. Anak autisme tidak membutuhkan semua terapi, sesuaikan jenis terapi dengan kebutuhan yang diperlukan oleh si anak. Hal yang terpenting untuk menemukan terapi yang tepat bagi anak autis adalah menemukan terapi yang membuat anak Anda bisa berkembang dengan baik.

About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code