Anemia Pada Ibu Hamil dan Pencegahannya

Saat ibu mulai hamil, waspadai dengan yang satu ini: Anemia. Menurut Wasnindar, anemia adalah kondisi dimana berkurangnya sel darah merah dalam sirkulasi darah atau massa hemoglobin sehingga tak mampu penuhi fungsinya pembawa oksigen keseluruh tubuh.
Kurang gizi! Itulah yang terjadi hingga ibu hamil dapat terkena anemia, selain kehamilan yang rapat dengan kehamilan sebelumnya. Apakah berdampak pada janin yang dikandungnya? Tentu saja karena bisa menyebabkan janin lahir dengan berat badan rendah. Selain itu lahir prematur, si ibu bisa mengalami pendaharan saat melahirkan. Untuk Anda ketahui ternyata anemia terkait dengan status gizi, umur, pendidikan dan pekerjaan sang ibu.

Anemia jika tidak diobati secara maksimal ternyata bisa berdampak buruk bagi ibu dan janin yang dikandungnya. Karena bayi yang lahir bisa mendapat infeksi sampai kematian, intelejensi rendah, juga cacat bawaan, dan tak jarang bisa menimpa kematian pada ibu hamil!

hamil2Anemia bisa menimpa ibu hamil karena kemiskinan yang menimpanya, ketimpangan gender sampai ketidak tahuan atau tak ada pengetahuan pola makan yang benar selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya juga janinnya. Usia ibu hamil yang kurang dari 20 tahun dan tingkat kerapatan kehamilan turut memperparah anemia pada ibu hamil ini.

Pencegahan anemia merupakan solusi yang terbaik. Dengan cara, periksakan kehamilan secara rutin, mempunyai pengetahuan mengenai gizi seimbang untuk asupan ibu hamil, perbaiki pola pikir masyarakat, walau dalam keadaan miskin untuk tetap utamakan ibu hamil. Penyuluhan secara intensif dari petugas kesehatan dengan memberikan vitamin pencegah anemia.

Sebaiknya ibu-ibu merencanakan kehamilan dengan tepat, agar tak terjadi kehamilan beruntun pada saat yang berdekatan, selain untuk kesehatan reproduksi, kemungkinan terjadinya anemia pada ibu hamil bisa dicegah. Dan sebaiknya menikah atau hamil pada usia matang, di atas 20 tahun, agar perkecil terjadinya resiko anemia.

About unidede

Saya Ade Susanti, pertama gabung karena pengen kerja dari rumah dan karena bisa dikerjakan sambil online. Alhamdulillah sekarang udah bisa nyicil mobil dari bonusnya.. Mau tau lebih jauh tentang bisnis ini hub saya di : HP/Whatsapp 0811 11 18 214 PIN 74c84a30
By Ade Susanti


Speak Your Mind

*

CAPTCHA
Change the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code